HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL, LLHPB AISYIYAH JATENG SIAP SUKSESKAN MUSYWIL RAMAH LINGKUNGAN
Opini

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL, LLHPB AISYIYAH JATENG SIAP SUKSESKAN MUSYWIL RAMAH LINGKUNGAN

Penulis : Deny Ana I’tikafia
Ketua Divisi LH LLHPB PWA Jateng

Divisi Lingkungan Hidup Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah, sejak 2 tahun yang lalu, telah mencanangkan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari,

GMPS di awal tahun ke 3 ini yaitu Selasa 21/02/2023, bertepatan jelang Musyawarah Wilayah (Musywil), yang akan diadakan di Kota Tegal Jawa Tengah besok tanggal 3 sd 5 Maret 2023 , berbagai persiapan telah dilaksanakan.

Di awali Rabu 01/02/2023 yang telah lalu menyelenggarakan koordinasi secara virtual, narasumber ketua LLHPB PWA Jateng Lilik Tri Prihantini, sambutan oleh ketua PWA Jateng Ummul Baroroh, koordinasi dengan Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng pada Selasa 14/02/2023, juga talk show Pimpinan Pusat Aisyiyah melalui youtube menghadirkan Ketua PWA Jawa Tengah sebagai salah satu narasumber,pada hari senin 20/02/2023.

Baca juga :  Noktah Kealpaan Muhammadiyah Episode 1

Berikut ini himbauan ber GMPS dalam menyambut Musywil dan musyda,yang diterbitkan oleh MLH Jateng yang disampaikan oleh Sekretaris MLH Jateng Agus Hardiyanto, semoga bermanfaat bagi kita semua:

Pertama : Dihimbau peserta membawa tumbler untuk wadah minum, panitia menyediakan galon dan pompa galon manual nya. Untuk 20 org peserta dibutuhkan 0,5 – 1 bh galon. Jika ada 400 peserta perlu disiapkan maksimum 20 galon.

Kedua : Jika ingin minum teh atau kopi dipersilahkan membuat sendiri, panitia menyediakan gelas kertas dan termos / dispenser panas dengan gula dan sumpit pendek untuk mengaduk

Baca juga :  Inilah Ikhtiar Nyata Aisyiyah Jawa Tengah Menyelamatkan Semesta

Ketiga : Jika harus ada snack, dan atau makan siang, usahakan prasmanan dengan menu sajian lokal yg sifatnya alami seperti pisang, kacang, buah, nogosari, nasi pecel atau gudangan, teri, peyek, krupuk, (yg diambil sendiri, Insya Allah tidak tersisa sebagai limbah). Panitia menyiapkan piring kertas untuk snack dan piring kaca untuk makan.

Keempat : Jika memungkinkan backdrop nya cukup dengan tulisan yg di sorotkan di tembok.
Ke Lima :Siapkan trash bag berukuran 90 cm x 120 cm untuk menempatkan (a) sampah plastik, (b) kertas dan (c) sisa makanan (3 plastik di satu tempat)

Ke enam Beri himbuan berkali kali untuk menyantap snack dan makanan dengan tidak meninggalkan sisa
Ke Tujuh : Beri himbauan untuk berangkat ke Musyda berjamaah (goncengan misalnya) agar jejak karbonnya rendah.

Baca juga :  Kaderisasi melalui Pembiasaan

Ke Delapan :Usahakan materi Musypimda dan Musyda dikirim dalam bentuk soft file, tidak perlu di cetak.

Kita semua sudah berihtiar untuk melakukan yang terbaik, memang tidak semudah membalik tangan, dalam merubah mindset/perilaku. Butuh keihlasan tinggi untuk berusaha menjaganya, agar muhammadiyah dan aisyiyah dengan diselenggarakannya musywil dilanjut musyda yang akan datang, ikut sumbangsih minimal dalam mengurangi resiko bencana dengan ber GMPS.

Selamat Hari Peduli Sampah Nasional. Selasa 21/02/2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *