Kabar JatengKares PekalonganNews

Halal Bi Halal Agkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Tegal Membangun Sinergi dan Harmonis

Halal Bi Halal Agkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Tegal Membangun Sinergi dan Harmonis

Muriamu.id – Tegal, Angkatan Muda Muhammadiyah kabupaten Tegal giatkan agenda Halal Bi Halal dihadiri puluhan dari unsur pimpinan ortom daerah diantaranya Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah , Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah , Pimpinan Daerah Tapak Suci, Kwarda HW Kab Tegal , Kokam Kab Tegal serta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Tegal. Pada 22 Mei 2022 bertempat di Halaman Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tegal .

Menghadirkan Fathin Hammam selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tegal , mengupas tentang hikmah Halal Bi Halal , menurutnya, “ Halal Bi Halal memiliki makna Mengurai benang yang kusut , mencairkan yang beku, menyambung yang terputus.

Dengan Halal Bi Halal mengharapkan agar hubungan antar sesama akan menjadi lebih erat dan akrab lagi. Sinergi dan harmoni Dalam kehidupan dan pergaulan manusia akan di hadapkan dengan berbagai perbedaan, dalam alquran surat Al-hujarat Ayat 13 dan Ar rum ayat 22 : meliputi aspek Basyariyah (jenis kelamin, bahasa, warna kulit), Aspek Syuubiyah (suku bangsa) dan aspek diniyah (agama)

Perbedaan adalah sunatullah yang tidak bisa dihindari, “beragam tidak harus seragam” Perbedaan alamiahnya( kodrat berbeda) Ilmiahnya( faktor ilmunya), amaliyahnya. Menghadapi perbedaan itu jangan pusing biar orang sama dengan kita semua. Hendaknya kita bekerjasama dalam ha-hal yang kita sepakati dan bertoleransi dalam hal yang berbeda. Dengan berbeda Harus memiliki kebesaran hati, “dijiwit dadi kulit, dicokot dadi otot, dijotos dadi Atos”

Dalam konteks Persaudaraan ada empat yaitu : Taaruf saling mengenal, Tafahum saling memahami , Taawun/ saling tolong menolong, Takaful saling menanggung Orang yang tidak bisa mengendalikan marah, fatal akibatnya, marah dalam Islam harus diatur, harus berlindung dgn taawud, merubah posisi, berdiri, duduk, tidur, berwudhu.

Orang yang kuat yang mampu mengendalikan marah, darah mengalir kuat di tangan. Ketika kita marah,rugi kita sendiri, “dendam :kita minum racun mengharap orang lain yg mati. Dendam, dengki, dongkol, ( dipastikan akan terasa berat, hidup tidak tenang , lebih cepat sakit, cepat sakit, cepat mati) memaafkan lebih cepat menyehatkan, Orang yang memaafkan bukan simbol kehinaan, justru dihadapan Allah yang mendapatkan kemuliaan. “ Ucap Fathin Hammam (Hendra Apriyadi)

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *