Kares SemarangNewsPopuler KudusSekolah

Grand Final OSMJT 2022, Kontingen Kudus Borong Dua Medali Emas

Grand Final OSMJT 2022, Kontingen Kudus Borong Dua Medali Emas

Muriamu.id, Semarang – Ajang Olimpiade Sains Muhammadiyah Jawa Tengah (OSMJT) Tahun 2022 usai sudah. Babak grand final yang digelar di Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Semarang pada tanggal 24 September 2022 menjadi puncak kegiatan yang baru digelar untuk pertama kalinya ini.

OSMJT merupakan Olimpiade Sains dan Matematika yang diperuntukkan bagi siswa SD Muhammadiyah tingkat kota/kabupaten dan provinsi se-Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara KPM (Klinik Pendidikan MIPA), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Bogor dan Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) Muhammadiyah Jawa Tengah.

Secara teknis, lomba diadakan secara online dan offline. Dimana babak penyisihan dan final tahap 1 dilaksanakan secara online, dan babak grand final (final tahap 2) dilaksanakan secara offline. Pada babak penyisihan yang digelar pada awal September 2022, tercatat sebanyak 2.278 siswa dari 33 Kabupaten/ Kota se Jawa Tengah menjadi terdiri dari mapel IPA sebanyak 1.168 peserta dan mata pelajaran Matematika 1.110 peserta.

Prestasi Kontingen Kudus Membanggakan

FKKS SD/ MI Muhammadiyah Kudus mengirimkan 3 wakil yang berlaga pada babak grand final. Mereka adalah Azzam Al Fawwaz BP dari SD Muhammadiyah Gribig, Satria Pamungkas dari SD Muhammadiyah Birrul Walidain di cabang IPA dan Nurrohmat Mudarrisun Nadzif dari SD Muhammadiyah Kudus di cabang Matematika.

Ketua FKKS SD/ MI Muhammadiyah Kudus, Saiful Umam yang juga Kepala MI Muhammadiyah 1 Kudus menyampaikan bahwa kontingen Kudus berhasil menyabet 2 medali emas dan satu medali perak.

“Di mapel IPA, medali emas diraih ananda Azzam el Fawwaz dan medali perak diraih ananda Satria Pamungkas. Sedangkan untuk matematika, ananda Mudarrisun Nadzif berhasil meraih emas.” jelas Saiful Umam.

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Ketua PWM Jawa Tengah, Dr. H. Tafsir, M.Ag dan Irwan Junaedi, ketua Majlis Dikdasmen PWM Jawa Tengah didampingi oleh Pamuji Raharjo, ketua FKKS SD/ MI Muhammadiyah Jawa Tengah.

Dengan adanya OSMJT ini, Pamuji Raharjo selaku Ketua FKKS SD/MI Muhammadiyah Jateng berharap kegiatan ini dapat mendukung siswa-siswi khususnya di Jawa Tengah dalam meraih prestasi sesuai bakat dan minat mereka di bidang Sains dan Matematika.

Saiful Umam selaku Ketua FKKS SD/MI Muhammadiyah Kudus menyampaikan selamat kepada para pemenang dan berharap agar prestasi Kudus di tahun mendatang lebih baik lagi.

Saiful juga berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara kontinyu setiap tahun dan cabang lomba bisa ditambah, misalnya dengan Ismuba.

“Supaya peserta lebih banyak dan memberikan kesempatan siswa yg punya kemampuan mata pelajaran lain atau di bidang agama.” tutupnya.

Kontributor: Sam Elqudsy
Redaktur: Sam

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *