Kabar JatengKares SoloNewsSekolah

Gibran Raih Juara 2 di Festival Dalang Anak Jateng

Gibran Raih Juara 2 di Festival Dalang Anak Jateng

Muriamu.id, Solo – Kesenian wayang menjadi salah satu kesenian asli Indonesia. Agar kesenian wayang kulit terus membumi di hati masyarakat, era industry 4.0 menuju masyarakata society 5.0, perlu peran generasi anak muda berkebudayaan dan berkemajuan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinasi Jawa Tengah kerja sama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Provinsi Jawa baru-baru ini mengadakan Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di Pendapa Anyar Ndayu Park, Desa Saradan, Karangmalang, Sragen.

Perasaan bahagia masih menyelimuti hati Gibran Maheswara Javas Setyawan. Dalang cilik kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah, 10 Juni 2011 berhasil menyabet juara Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Gibran anak berbakat, di sekolah masuk kelas olahraga dan mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik cilik binaan Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko.

“alhamdulillah, dapat juara 2 kategori A Festival Dalang Anak atau Remaja tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 dan berhak mewakili Jawa Tengah besok 23 September maju tingkat Nasional di Taman Mini Indonesia Indah. Mohon doa restunya,” ujar Gibran, kelas 5 C SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Sabtu (17/9/2022).

Untuk menghadapi event Festival Dalang Anak ini Gibran berlatih selama dua minggu di Sanggar Sarotama. Di bawah asuhan Mujiyono Skar, sang dalang cilik tekun berlatih sejak usia 3,5 tahun hingga sekarang. ,

Menurut sang Ayah, Agus Setyawan, kecintaan Gibran terhadap wayang telah ditunjukan sejak masih usia balita.

“Dulu ketika kami mampir ke Pasar Klewer, maunya cuma beli wayang, ditawari mainan lain dia tidak minat,” kata Agus, sambil tersenyum.

Selain membelikan perlengkapan wayang, Agus juga menyekolahkan di sekolah budaya khusus yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler wayang.

“Saya masukkan ke SD Muhammadiyah 1 Surakarta, walaupun jauh tapi di sana ada penunjang bakatnya. Ada Ki Agung Sudarwanto,” jelasnya.

Berkat bakat dan ketrampilan Gibran dalam dunia pendalangan yang terus diasah, sudah lebih 100 pementasan yang dihadirinya.

“Alhamdulillah, sudah ada mungkin ratusan pementasan yang diikuti, yang terpenting anaknya senang dan hobinya tersalurkan,” ucapnya

Usahanya tidak sia-sia, Gibran berhasil menggondol juara 2 kategori Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022.

Kontributor, Jatmiko.

Related posts
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
NasionalNews

Gunakan E-Voting, berikut 13 Anggota PP Muhammadiyah yang terpilih untuk periode 2022-2027

Muriamu.id, Surakarta – setelah berlangsung dari pukul 08.00 – 24.00 WIB pemungutan…
Read more
Kabar JatengKabar MuriaKares SoloNewsPopuler Kudus

Lomba Semarak Cabang Ranting, PRM Getassrabi Sabet Dua Penghargaan

Muriamu.id, Solo – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Desa Getassrabi menjadi juara 3 dalam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *