NewsPopuler KudusSekolah

EduCareer Kelas 5 SDM BW: Dari Belanja di Pasar Hingga Memasak Layaknya Koki Profesional

EduCareer Kelas 5 SDM BW: Dari Belanja di Pasar Hingga Memasak Layaknya Koki Profesional

Muriamu.id, Kudus- EduCareer merupakan salah satu program unggulan SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Program ini disusun khusus untuk mengenalkan siswa tentang suatu profesi sehingga siswa terlibat langsung di dalamnya.

Berangkat dari slogan sekolah yang berbunyi “Berprestasi sesuai potensi, berbakti, dan berakhlak terpuji” SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus berusaha mengakomodir semua potensi siswa di segala bidang, termasuk belajar tentang karir atau profesi. Tak hanya mengenal, siswa juga diberikan kesempatan untuk mencoba memerankan profesi yang sedang mereka pelajari secara langsung.

Kali ini, hal unik dilakukan pada EduCareer kelas 5. Mengangkat tema belajar profesi menjadi koki, siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus ini tak hanya belajar memasak layaknya koki saja, namun juga belajar merencanakan menu dan anggaran, berbelanja di pasar, memasak dan menyajikan makanan, hingga membuat laporan keuangan dari kegiatan belanja di pasar.

Baca juga :  Derby Muhammadiyah di Final Sepak Bola Mini SMP 1 Jati, Sekolah Ini Juaranya

Terlihat antusiasme seluruh siswa dalam mengikuti kegiatan ini. Siswa yang terbagi ke dalam beberapa tim ini sangat bersemangat saat belanja ke pasar tradisional. Meskipun mereka harus berinteraksi dengan para pedagang di pasar tradisional menggunakan bahasa Jawa, para siswa ini terlihat sangat antusias bergiliran menanyakan harga dan membeli barang dari satu kios ke kios yang lain.

Baca juga :  Ramadan Camp & TARO (takjil on the road) tutup rangkaian kegiatan pelangi ramadan SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus

“Kegiatan ini kami susun dengan tujuan menumbuhkan interaksi dan keterampilan komunikasi dengan pedagang menggunakan bahasa Jawa, mengembangkan kemampuan merencanakan dan memaksimalkan anggaran, mengembangkan kreativitas dalam memasak, serta memaksimalkan potensi siswa dalam berkolaborasi dalam tim” jelas Jamaluddin Kamal selaku kepala SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus.

“Dengan berbelanja dan berinteraksi di pasar. tradisional, secara tidak langsung kita juga mengajarkan siswa untuk mendukung usaha kecil masyarakat sekitar” tambahnya.

Kontributor: Tia Fifi

Redaktur: Sam

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

PC IMM Kudus Mengadakan Diskusi Konflik Palestina-Israel dan Doa Bersama Untuk Palestina

Muriamu.id, Kudus — Jum’at (24/11/2023), Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Jepara

Berlangsung Meriah! Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul 'Aisyiyah Gelar Musyda Bersama

Muriamu.id, Jepara — Pimpinan daerah pemuda Muhammadiyah ( PDPM) Jepara mengadakan musyawarah…
Read more
EdukasiNasionalNewsSekolah

PERKUAT KAPASITAS GURU AGAMA, MAARIF INSTITUTE GELAR PELATIHAN INKLUSI SOSIAL-KEAGAMAAN

Muriamu.id, Ambon — MAARIF Institute menyelenggarakan Pelatihan LOVE (Living Our Values…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: