KampusNasionalNews

Di Hadapan 1300 Mahasiswa Baru Unmuh Gresik, Wamen ATR Berpesan: Buku, Cinta dan Pesta

Di Hadapan 1300 Mahasiswa Baru Unmuh Gresik, Wamen ATR Berpesan: Buku, Cinta dan Pesta

Muriamu.id, Gresik – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni, Ph.D memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Gresik Jumat (9/9/2022). Dihadapan Mahasiswa dan Civitas Akademika, Wamen ATR BPN menyampaikan materi dengan tema “Pulih Berkemajuan, Bangun Simbol Pendidikan, Kemerdekaan Peradaban”. Acara bertempat di Lapangan Universitas Muhammadiyah Gresik.

Rektor Universitas Muhammadiyah mengaku senang kampusnya dihadiri oleh Wamen ATR BPN. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa lembaga pendidikan yang dikelola oleh Muhammadiyah harus melahirkan alumni yang pemimpin bangsa.

“Bahagia sekali acara Masa Taaruf 2022 Universitas kami didatangi oleh Wakil Menteri ATR BPN. Mudah-mudahan kedatangan Pak Wamen kesini memberikan energi positif,” Ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik.

Dalam Kuliah Umum yang dihadiri oleh 1300 lebih mahasiwa ini, Wamen ATR BPN Raja Juli Antoni, Ph.D menyampaikan bahwa untuk membangun simbol pendidikan yang sekaligus memerdekaan peradaban harus dimulai dengan pemahaman bahwa fungsi kuliah bukan sekedar mencari pekerjaan, melainkan untuk membentuk paradigma berpikir.

“Adik-adik Mahasiswa baru harus paham bahwa ada nilai utama yang dapat diraih pada dunia kampus selain mendapat ijazah untuk melamar kerja. Lebih dari itu perkuliah mengajarkan kota untuk melatih paradigma sehingga memiliki metode berpikir yang akurat,” Ujar Raja mengawali kuliah umumnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Raja, selain melatih paradigma berpikir, ada adagium yang populer tahun 70-an yaitu Buku, Cinta, dan Pesta.

“Pertama Buku, buku adalah jendela dunia. Betapapun kita tidak pernah ke luar negeri. Tapi dengan buku kita bahkan bisa tahu luar angkasa. Kurang-kurangi baca whatsapp. Perbanyak membaca buku” lanjut Raja.

Sehingga bagi Raja, aneh apabila ada orang mengenyam pendidikan tinggi tapi dalam momen itu tidak digunakan untuk membaca sebanyak-banyaknya.

“Poin kedua adalah cinta. Cinta kepada kemanusiaan. Cinta keindonesiaan. Cinta pada lawan jenis. Bahaya juga kalau cinta pada sesama jenis,” Ujar Raja disambut gelak tawa mahasiswa baru.

Raja menutup sambutannya dengan poin ketiga yaitu pesta. Bagi Raja, pesta disini buka hura-hura, tetapi menjadi mahasiswa harus diiringi dengan mental bahagia.

“Selain buku dan cinta. Ada yang tak kalah penting yaitu pesta. Tentu bukan hura-hura apalagi seks bebas. Tetapi suasana kita saat sedang belajar harus riang gembira biar ilmunya bisa diserap dengan baik,” pungkas Raja.

Dalam kesempatan itu hadir Rektor UMG, Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T, Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, SE, Kapolres Gresik AKBP Moh. Nur Azis. Dandim Gresik, Letkol Inf. Ahmad Saleh, S.Sos.

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *