Kabar JatengKares BanyumasNews

Dakwah Kolaborasi Memakmurkan Bumi, Lazismu Pusat dan PP Pemuda Muhammadiyah Kolaborasi Tanam Pohon

Dakwah Kolaborasi Memakmurkan Bumi, Lazismu Pusat dan PP Pemuda Muhammadiyah Kolaborasi Tanam Pohon

Muriamu.id, Banjarnegara – Lazismu pusat melalui program Tanam Pohon bekerja sama dengan PP Pemuda Muhammadiyah melakukan tanam pohon sebanyak 10.000 pohon di lahan seluas 260.000 M² / 26 Hektar.

Ada pun lokasi penanaman di Dusun Silangit Desa Kaliwungu, kec. Mandiraja Banjarnegara sebanyak 10.000 bibit yang terdiri tanaman bambu, aren tomohon, ringin, Kelapa dan Kopi Robusta Pilihan.

Dalam kesempatan ini hadir ketua PP Pemuda Muhammadiyah dan jajaran pimpinan lainya. Turut hadir pula sekertaris PW Pemuda Muhammadiyah Jateng, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara, PD Pemuda Muhammadiyah Banjarnegara, Forkompimcam Kec. Mandiraja, Direktur RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara, Direktur Klinik Utama PKU Muhammadiyah Merden, PC Aisyiyah Mandiraja, PC Nasiyatul Aisyiyah Mandiraja, BTM Banjarnegara, Lazismu KL Masjid At Taqwa Mandiraja, Lazismu KL Somawangi.

Penanaman ini sebagai gerakan lanjutan dari gerakan satu kader satu pohon, yang sebelumnya sudah pernah melakukan penanaman bakau di pantai kota Tegal dan penanaman bibit konservasi di Kabupaten Temanggung.

Cak Nanto, ketua PP Pemuda Muhammadiyah menjelaskan bahwa gerakan ini merupakan wujud komitmen kami Pemuda Muhammadiyah dalam rangka mengarusutamakan ekologi dan lingkungan hidup terutama terkait dengan keberadaan pohon sebagai simbol sekaligus alat revitalisasi alam kita.

Cak Nanto berharap kegiatan yang dilakukan di Jawa Tengah ini juga menginspirasi Pemuda Muhammadiyah di daerah lainnya untuk saling berlomba-lomba dalam melakukan dakwah ekologi.
“Ikhtiar ini juga merupakan bagian dari dakwah ekologi Pemuda Muhammadiyah. Dan juga merupakan kewajiban kita sebagai khalifatullah fil ‘ardh dalam menjaga lingkungan (antroposentrisme). Semoga giat dakwah semacam ini mampu menghasilkan resonansi positif bagi seluruh kader Pemuda Muhammadiyah di penjuru negeri ini. Pemuda Muhammadiyah, mari merawat alam menebar manfaat,” pungkasnya.

Sedangkan, Urip Setiyo Budi Ketua Pemuda Muhammadiyah Cabang Mandiraja mengungkapkan tujuan kegiatan menanam ini sebagai konservasi alam guna mengurangi laju erosi tanah serta menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian
lingkungan.

“Dibutuhkan kader penggerak Pemuda Muhammadiyah yang peduli serta kalaborasi dengan pemerintah, masyarakat, dan lintas sektor lainya untuk bersama menjaga lingkungan”, imbuhnya.

Warga Desa Silangit mengharap dengan kegiatan ini nantinya akan meningkatkan perekonomian warga dan langkah mitigasi bencana sedini mungkin.

SATUKADERSATUPOHON

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *