Bekerja Sama dengan Global Katalyst, SMK Muhammadiyah 4 Sragen Siapkan Siswa Kuliah dan Kerja di Jerman
EdukasiKabar JatengKares SoloNewsSekolah

Bekerja Sama dengan Global Katalyst, SMK Muhammadiyah 4 Sragen Siapkan Siswa Kuliah dan Kerja di Jerman

Muriamu.id, Sragen — SMK Muhammadiyah 4 Sragen menggelar sosialisasi Program Ausbildung Ke Jerman pada hari Jumat (24/02) bertempat di Aula sekolah. Program ini berjalan atas Kerjasama dari pihak sekolah dengan Yayasan Global Katalyst. Kegiatan sosialisasi yang digawangi oleh Bursa Kerja Khusus (BKK) ini diikuti oleh lebih kurang 100 siswa kelas XI.
Program ini adalah program kuliah sambil magang dan kerja di Jerman, khususnya bagi siswa yang memiliki keinginan untuk berkarir dan melanjutkan studi di Eropa. Muhammad Nur Ahyani, Kepala SMK Muhammadiyah 4 Sragen menyampaikan dalam sambutannya tentang pentingnya informasi kuliah dan magang di luar negeri, salah satunya di Jerman ini. “Semoga acara ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang jenis pekerjaan di luar negeri lebih awal bisa merencanakan tujuan setelah lulus nanti” ungkapnya.
Penanggung Jawab Asia Tenggara, Dede Wamasdiri, menyampaikan kepada para peserta bahwa program Ausbildung ini merupakan program pendidikan Vokasi Gratis (tanpa biaya kuliah) dan sekaligus mendapatkan training industri (selama training sudah mendapatkan gaji bulanan antara Rp 16 juta sd 30 juta tergantung jurusan dan penempatannya ). Program ini resmi diselenggarakan dan milik pemerintah Jerman. “Global Katalyst melihat bahwa saat ini terjadi krisis tenaga kerja profesional di Jerman. Kelompok usia tua jauh lebih besar dari usia muda, jutaan lowongan kerja menunggu untuk diisi. Salah satu misi Global Katalyst adalah membantu menjembatani problem ketenaga kerjaan di Jerman dengan problem banyaknya angka pengangguran di Indonesia” Tuturnya.
Para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Selain sosialisasi, kegiatan tersebut juga penandatanganan MoU antara SMK Muhammadiyah 4 SRagen dan Global Katalys e.V. Upaya ini diharapkan mampu memotivasi para siswa untuk mempersiapkan kompetensi hingga bisa meraih karir terbaik setelah lulus sekolah.

Baca juga :  Kenalkan Lingkungan Sekolah, SD Aisyiyah Multilingual Darussalam Kudus Gelar MPLS

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

ig : instagram.com/muriamuid

fb : facebook.com/muriamuid

twitter: twitter.com/muriamuid

tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Editor : d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *