Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Be Better With Writing ala Azaki Khoirudin, Sang Influencer Muhammadiyah

Be Better With Writing ala Azaki Khoirudin, Sang Influencer Muhammadiyah

Muriamu.id, Kudus- Muriamu.id portal lokal berkemajuan kembali menggelar acara #kopdarmuriamu yang kedua, kali ini mengangkat tema Be Better With Writing dengan narasumber Azaki Khoirudin, influencer Muhammadiyah yang juga founder portal ibtimes.id, salah satu portal kultural Muhammadiyah yang disebut secara khusus oleh Ayahanda Haedar Nashir dalam pengajian akbar di Lamongan beberapa waktu lalu.

Azaki Khoirudin termasuk salah satu penulis muda Muhammadiyah yang produktif. Pria yang sebentar lagi menyelesaikan studi doktoral Pendidikan Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini setidaknya telah menulis 8 buku dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, baik yang ditulis sendiri maupun bersama penulis lain. Tak terhitung lagi jurnal dan artikel yang diterbitkan media massa seperti kompas, republika, Sindo dan sebagainya?

Rahasia Produktif Menulis

Lalu apa rahasianya hingga bisa produktif menulis seperti itu? Ternyata Azaki memiliki cara tersendiri untuk menjadi penulis yang produktif, yaitu mengoleksi judul sebagai tema besar yang kemudian akan dikembangkan menjadi tulisan jika momennya datang.

“Setiap orang memiliki cara dan gaya berbeda. Kalau saya, saya koleksi dulu judul tulisan sebanyak mungkin sebagai gagasan pokok, baru nanti dikembangkan menjadi tulisan jika momennya tiba,” ungkap Azaki.

Azaki menambahkan, dalam menulis buku selalu diawali dari topik, judul, tema dan daftar isi sebagai outline baru kemudian disusun dan dikembangkan menjadi buku. “Biasanya isi buku sesuai setidaknya 80 persen sesuai dengan daftar isi yang saya buat,” jelasnya.

Agar gagasan dan semangat menulis selalu stabil dan konsisten, Azaki menyebut pentingnya interaksi, dialog dan diskusi sebagai sumber inspirasi. Selain itu bergabung dalam komunitas menulis bisa menjadi salah satu pendorong untuk menjaga konsistensi.

Be Better With Writing ala Azaki Khoirudin, Sang Influencer Muhammadiyah

Jurnalisme Gagasan

Salah satu kutipan menarik yang disampaikan dalam kopdar semalam adalah, “Kita harus merebut dan memproduksi narasi sendiri, daripada dinarasikan oleh orang lain,” dengan itu Azaki menekankan pentingnya untuk mulai menulis darioada terus memikirkan akan ada yang membaca atau tidak.

Senada dengan Arif Nur Kholis, Manajer PSDM PP Muhammadiyah yang menjadi narasumber kopdar1muriamu pekan lalu, dalam mengembangkan website sebagai sarana dakwah di dunia digital, Azaki juga lebih cenderung kepada jurnalisme gagasan daripada jurnalisme berita.

Sembari mencontohkan ibtimes ketika pertama kali berdiri, Azaki menyebut indepth reporting ala tirto sebagai contoh jurnalisme gagasan yang bisa bertahan sepanjang masa. “Dalam memberitakan kegiatan atau aktivitas persyarikatan, ulas gagasannya, bukan peristiwanya,” jelas Azaki.

“Fokuslah pada konten jangka panjang dengan merebut kata kunci google, lalu integrasikan dengan platform media sosial yang dimiliki,” pesan Azaki agar media bisa eksis di dunia digital.

Kopdar muriamu sendiri masih akan digelar dua pertemuan lagi, dimana salah satunya akan dilaksanakan secara offline di Kudus. Kegiatan ini didukung oleh Lazismu Kudus dan SD Muhammadiyah Birrul Walidain.

Reporter: Sam Elqudsy
Redaktur: Sam Elqudsy

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *