Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Bazar Tim KKN Mahasiswa UMKU Sajikan Produk Karya Mahasiswa

Bazar Umku

Muriamu.id, Kudus — UMKU Gelar Bazar edisi expo mahasiswa di kampus utama Jln Ganesha 1 Purwosari Kudus. Bazar tersebut sebagai kegiatan expo karya mahasiswa UMKU yang sebelumnya telah usai melaksanakan KKN. Beragam produk karya mahasiswa dan hasil kolaborasi dengan UMKM mulai dari fashion, makanan dan minuman, kerajinan tangan dari olahan bahan bekas, hingga aksesoris dijajakan dalam bazar tersebut.

Stan pameran disentralkan di sepanjang teras kampus utama. Sebanyak 18 stan di isi oleh tim mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN. Masing-masing stan menjajakan produk UMKM yang mencirikan kekhasan masing-masing daerah tempat mahasiswa KKN.

Es Krim Kencur terbuat dari campuran kencur dan jagung. Inovasi olahan tersebut berdasarkan temuan mahasiswa di lapangan bahwa di Desa Tanjungrejo merupkan central kencur dan jagung, sehingga ide untuk menggabungkan keduanya terwujud dalam olahan es krim yang terbuat dari bahan dasar jagung dan kencur. Terdapat juga pudding labu. Puding labu sebelumnya telah digunakan mahasiswa sebagai salah satu alternatif mencegah stunting.

Baca juga :  IHT(In House Training) SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus

Menurut Armalia mahasiswa S1 Prodi S1 Farmasi “Produk-produk yang kita pamerkan di UMKU merupkan hasil kolaborasi dengan masyarakat setempat Ketika KKN, mahasiswa berinovasi dengan membuat olahan makanan, kerajinan hingga fashion”. “Mulai dari proses produksi, packaging hingga pemasaran di stan bazar ini merupakan kerja dari tim” ungkapnya.

Rektor UMKU saat membuka acara juga memberikan apreasiasi atas terselenggaranya bazar tersebut. Ia menyebutkan bahwa kegiatan bazar ini dapat memantik jiwa entrepreneur dalam diri mahasiswa, kolaborasi apik dengan UMKM juga menghasilkan produk unggul. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong kemandirian mahasiswa, inovasi mahasiswa dan kesuksesan mahasiswa. “ Bazar ini bisa dijadikan sebagai inkubator bisnis, membantu usaha rintisan baru mulai dari tahap awal membangun usaha hingga memberikan koneksi ke dalam wilayah yang lebih luas” tutur Dr. Ns. Rusnoto, SKM., S.Kep., M.Kes (Epid).

Baca juga :  Asyiknya MPLS di SD Aisyiyah Multilingual Darussalam Kudus

Kontributor : AR

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
IslamPopuler Kudus

Gelar Upgrading, PDNA Kudus Perkuat Soliditas Pimpinan Baru

Muriamu.id, Kudus – Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah Kabupaten Kudus periode Muktamar…
Read more
IslamPopuler Kudus

'Aisyiyah Cilik Ini Menarik Perhatian Jamaah Pengajian Akbar Milad 'Aisyiyah Kudus

Pengajian Akbar Puncak Peringatan Milad ‘Aisyiyah ke 107, Ahad, 26 Mei 2024 di PCA Mejobo yang…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *