Kares SoloSekolah

Asyiknya Belajar Matematika dengan Media BMB

Asyiknya Belajar Matematika dengan Media BMB

Muriamu.id, Solo – Penggunaan media dalam pembelajaran Matematika merupakan bagian dari metode menggabungkan fakta dan ide-ide untuk menjelaskan materi. Dengan penggunaan media diharapkan pengetahuan dan pemahaman murid tentang konsep-konsep Matematika semakin baik. Selain itu dapat menumbuhkan minat dan motivasi murid untuk belajar Matematika.

Andi Arfianto, guru matematika kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, memilih menggunakan media BMB sebagai alternatif dalam menjelaskan konsep faktor bilangan, Rabu (10/8/2022). BMB merupakan akronim dari Bilangan Motif Bunga.

Menurut Andi, pemilihan media BMB akan efektif membantu murid dalam memahami konsep faktor bilangan. Selain itu, dengan BMB murid akan lebih termotivasi dalam belajar Matematika secara individu maupun kelompok.

“Desain media BMB menggunakan kardus berukuran 15 cm x 30 cm berbentuk persegi panjang. Dilengkapi dengan gelas minuman kemasan yang dipotong menjadi dua. Kertas origami digunakan untuk mendesain bilangan dengan motif bunga. Bagian tengah merupakan bilangan utama, sedangkan bagian tepi merupakan faktor dari bilangan utama,” ungkap Andi.

Baca juga :  World Cleanup Day 2023, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Serahkan Donasi Minyak Jelantah

Langkah Belajar dengan BMB

Selanjutnya, Andi menjelaskan langkah-langkah penggunaan media BMB dalam proses pembelajaran Matematika di kelas.

Langkah pertama, guru memberikan pertanyaan pemantik kepada murid terkait pemahaman tentang faktor bilangan.

Langkah kedua, guru membagi dalam 7 kelompok dengan 4 anggota di tiap kelompoknya.

Langkah ketiga, setiap kelompok diberikan kardus, gelas minuman kemasan yang sudah terbagi dua, kertas origami. Setiap kelompok sebelumnya diminta untuk membawa perlengakapan berupa spidol, lem, dan gunting.

Langkah keempat, setiap kelompok dibagikan 1 bilangan yang menjadi bilangan utama dan dicari faktor dari bilangan tersebut. Setelah menemukan faktor bilangan, maka selanjutnya murid merangkai media yang sudah dibagi tersebut menjadi sebuah bilangan motif bunga.

Baca juga :  Rakor SD dan PCM Langkah Strategis Menuju SD Muhammadiyah Kriyan Berkeunggulan

Langkah kelima, setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas dengan membagi hasil kreasi BMB yang telah dibuat. Selanjutnya, BMB sudah dipresentasikan oleh semua kelompok ditempel pada papan yang sudah disediakan guru.

“Di akhir pembelajaran, murid membuat refleksi terkait pembelajaran yang sudah dilakukan dengan bimbingan guru. Refleksi tersebut terkait pengalaman pembelajaran dan kebaikan yang sudah dilakukan,” tutur Andi.

Menurut salah satu murid kelas IV, Nismara Pragya Chedrina Agung, kegiatan pembelajaran Matematika hari ini sangat asyik dan membuat semangat.

“Alhamdulillah, saya merasa senang. Kelompok saya bisa menyelesaikan paling awal dan saya dipilih menjadi ketua kelompok,” ujar Geya.

Kontributor: Nikmah Hidayati
Redaktur: Zayn

Related posts
EdukasiNasionalNewsSekolah

PERKUAT KAPASITAS GURU AGAMA, MAARIF INSTITUTE GELAR PELATIHAN INKLUSI SOSIAL-KEAGAMAAN

Muriamu.id, Ambon — MAARIF Institute menyelenggarakan Pelatihan LOVE (Living Our Values…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

SD Muhammadiyah Gribig Gelar Aksi Selamatkan Palestina Dan Sholat Ghoib

Muriamu.id, Kudus — Jumat pagi SD Muhammadiyah Gribig kudus melakukan kegiatan aksi selamatkan…
Read more
IslamNewsPopuler KudusSekolah

Hangat dan Akrab, Silaturrahmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus dengan Yayasan Ma'ahid

Muriamu.id, Kudus – Yayasan Pendidikan Islam Ma’ahid Kudus bersilaturrahmi ke Pimpinan…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d