KampusNasionalNewsPopuler Kudus

Akademisi Muhammadiyah Kritisi Penyusunan Draft RUU KUHP

Akademisi Muhammadiyah Kritisi Penyusunan Draft RUU KUHP

Muriamu.id, Kudus – Bertempat di Universitas Muhammadiyah Kudus, Forum Dekan Fakultas Hukum dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah menggelar pertemuan nasional selama tiga hari mulai tanggal 25-27 Agustus 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pelantikan Pengurus Forum Dekan dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Dalam pertemuan tersebut selain dilakukan pelantikan pengurus, para peserta yang datang dari seluruh Indonesia ini juga menandatangani MoU antar Fakultas dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum PTMA se Indonesia serta seminar nasional terkait RUU KUHP.

Baca juga :  Dosen UMKU Berikan Terapi Kognitif  untuk Pasien Gangguan Mental Skizofrenia

Seminar Nasional ini menghadirkan Ketua PP Muhammadiyah Dr. Busyro Muqoddas, SH, M.Hum, Dr. Trisno Raharjo, SH, M.Hum (Ketua Majlis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah), Herlambang P Wiratraman, SH, LLM, Ph.D (Akademisi FH UGM), Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, SH, MA (Akademisi FH UI) dan Usman Hamid, SH, M.Phil dari Amnesti Internasional Indonesia.

Dalam seminar tersebut mengemuka masih banyaknya persoalan dalam penyusunan dan perumusan RUU KUHP, dimana dalam proses penyusunan dan perumusannya tidak banyak melibatkan masyarakat bahkan para ahli pemerhati hukum. Hal ini dianggap mencederai nilai-nilai demokrasi dan mencederai prinsip negara hukum.

Baca juga :  UMKU dan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia Jateng Selengarakan Pelatihan Penguji OSCE Pertama kali di Jawa Tengah

Melalui rilis yang ditandatangani oleh Ketua Dr. Tongat, SH, M.Hum, Forum Dekan dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum PTMA memandang bahwa penyusunan RUU KUHP bukan merupakan upaya dekolonisasi tetapi justru terasa sebagai upaya rekolonisasi.

Selain itu, fordek akan melakukan kajian secara komprehensif untuk memberikan sumbangan pemikiran secara kritis akademik terhadap penyusunan draf RUU KUHP dan menyampaikan hasilnya kepada eksekutif, legislatif hingga tim penyusunan dan perumus perancang RUU KUHP.

Reporter: Sam
Redaktur: Sam

Related posts
IslamKares KeduKesehatanNews

Majelis Kesehatan dan LLHPB Kab Magelang Gelar Tri Wulan Bersama

Muriamu.id, Magelang – Bertempat di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Muhammadiyah Bandongan…
Read more
Kabar JatengKabar MuriaNewsPopuler Kudus

Resmi dikukuhkan, Berikut jajaran struktur PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kudus Periode Muktamar XVIII

Muriamu.id, Kudus — Jajaran Pengurus dan Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kudus resmi…
Read more
IslamPopuler Kudus

Tegakkan Pilar Ekonomi, Muhammadiyah Kudus Launching PT SAMSA

Muriamu.id, Kudus – Muhammadiyah selama ini dikenal sebagai ormas Islam yang focus pada pelayanan…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *