EdukasiKabar JatengKares BanyumasNewsSekolah

50 Kepala Sekolah se-Cilacap Studi Tiru di SMP Muhammadiyah PK Solo

50 Kepala Sekolah se-Cilacap Studi Tiru di SMP Muhammadiyah PK Solo

Muriamu.id, Cilacap – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta baru-baru ini menerima kunjungan studi tiru dari rombongan kepala sekolah dan guru dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/Mts Muhammadiyah Kabupaten Cilacap. Ikut dalam kunjungan tersebut 50 kepala sekolah dan guru dari 24 SMP/MTs Muhammadiyah Cilacap.

Muhdiyatmoko, M.Pd. kepala SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta menyambut gembira dan penuh kehangatan atas kunjungan studi tiru tersebut. Ia menyampaikan bahwa sekolah yang dipimpinnya terbuka untuk silaturahim kunjungan dari sekolah-sekolah guna bersama-sama mengembangkan dunia pendidikan.
“Sekolah kami merupakan sekolah yang tumbuh karena diupayakan selalu ada perubahan-perubahan guna menyempurnakan pelayanan pendidikan kepada orang tua dan siswa. Karena itu, sekolah kami mengutamakan pelayanan prima atau high excellent,” jelasnya kepada peserta studi tiru.

Baca juga :  Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444H, TPQ Muhammadiyah dan Aisyiyah se Kabupaten Kudus gelar Pawai Ta’aruf

Muhdiyatmoko menambahkan kunci merawat sekolah berkemajuan dengan 4 langkah. Langkah-langkah tersebut antara lain pertama, ubah mindset (cara berpikir). Sekolah harus memiliki mindset tumbuh. Kedua, dengarkan customer karena mereka adalah raja. Ketiga, lihat kompetitor karena kompetitor adalah raja. Keempat, kreatif dan inovatif kunci kemajuan sekolah.

Sementara itu, ketua MKKS Cilacap, Bambang Kusmiyanto, S.Pd. mengaku senang berkunjung di SMP Muhammadiyah PK. Menurutnya, MKKS mengajak kepala sekolah dan guru untuk belajar di sekolah ini agar mampu belajar mengambil sisi-sisi yang baik dari sekolah ini untuk pengembangan sekolah-sekolah di tempatnya masing-masing.
“Kami sengaja datang ke sini untuk meniru program-program dan inovasi di sekolah ini. Harapan kami yang baik akan dibawa pulang untuk dikembangkan di sekolah Muhammadiyah Cilacap,” ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan Adi Suyitno, M.Pd., setelah kunjungan ini, guru dan kepala sekolah bisa melakukan lesson study bagaimana menciptakan siswa yang berprestasi.

Baca juga :  Sambut Musyda IPM, IPM Kudus Gelar Seminar Menikah karena Rencana, Bukan karena Bencana

Diskusi berupa sharing dan tanya jawab terjadi dalam pertemuan studi tiru tersebut. Terdapat pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana mendongkrak prestasi siswa agar mampu meraih juara-juara, upaya menciptakan ikatan kuat antara amal usaha dengan yayasan, dan seputar nama program khusus yang disematkan dalam nama sekolah.

Aryanto selaku humas sekolah mengaku dalam kurun waktu awal tahun baru 2023, sekolahnya sudah menerima dua kunjungan dari lembaga sekolah berbeda. Sebelumnya, SMP Daarul Quran Kota Surakarta melakukan studi banding untuk belajar kurikulum sekolah pada Kamis, 12 Januari 2023.

Kontributor : Aryanto

Editor : D

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Membuka TM 1 IPM, Kepsek SMK Muhammadiyah Kudus Sampaikan Ciri Pelajar Berkemajuan

Muriamu.id, Kudus — Taruna Melati 1 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK…
Read more
IslamNewsPopuler Jepara

Antisipasi Krisis Iklim, 'Aisyiyah Jepara Tanam Ribuan Pohon di Pondok Pesantren Nurul Ilmi

Muriamu.id, Jepara – Relawan Aisyiyah Jepara, yang tergabung dalam Lembaga Lingkungan Hidup…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *