EdukasiKabar JatengKares SoloNewsSekolah

50 Foto Aksi Nyata Edukasi Jurnalistik Cilik

50 Foto Aksi Nyata Edukasi Jurnalistik Cilik

Muriamu.id, SOLO – Sebanyak 25 siswa ekstra jurnalistik cilik dan guru pendamping SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta aksi nyata edukasi jurnalistik cilik kunjungi Monumen Pers Nasional (MPN).

Hal ini juga untuk mendukung edaran berdasarkan dan himbauan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI nomor : B-169/Monpers.33/IK.06.04/01/2023 tentang Kunjungan Pameran Foto Hari Pers Nasional Tanggal 1-28 Februari 2023 di Monumen Pers Surakarta.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko mengatakan menyambut Hari Pers Nasional, Monumen Pers Nasional menggelar Festival Pers 2023 selama satu bulan penuh.

“Sejumlah kegiatan dirancang, seperti pameran foto HPN bertema era kepemimpinan Presiden Jokowi pada 2014 – 2022 dan talkshow peran pers di era digital,” ujar Jatmiko, Senin (6/2/2023).

Menulis dan melihat foto mampu mengajak anak untuk mengembangkan pengalaman pribadinya terhadap sebuah obyek yang sama. Jatmiko mencontohkan, ketika dia ingin mengajarkan tentang akhlak kepada manusia.

Baca juga :  Murid SD Muh PK Kottabarat Belajar Membuat Briket Eceng Gondok

“Pelajar Indonesia diharapkan dapat mendengarkan dengan baik pendapat yang berbeda dari pendapatnya, menghargainya, dan menganalisisnya secara kritis tanpa memaksakan pendapatnya sendiri,” paparnya.

Berhubung kita harus mengutamakan persamaan dan kemanusian dengan orang lain, maka haruslah menolak adanya prasangka buruk, diskriminasi, intoleransi, dan kekerasan terhadap sesama manusia, terlebih lagi hanya karena perbedaan ras, kepercayaan, maupun agama.

“Anak-anak tadi sudah berkunjung dan mengerjakan teka-teki silang, terkait nama-nama portal Indonesia yang diakui dewan pers dan di kasih hadiah bagi siswa yang mampu menjawabnya dengan benar,” ujarnya.

Salah satu siswa Gibran Maheswara Javas Setyawan kelas 5C mengatakan melihat video profil digedung induk Monumen Pers Nasional, bekeliling lokasi Monumen Pers Nasional mulai dari melihat koleksi suratkabar dan majalah kuno, diorama sejarah pers Indonesia, koleksi peninggalan para wartawan, perpustakaan dan layanan dokumentasi bukti terbit media dengan dipandu oleh para pemandu museum Monumen Pers Nasional.

Baca juga :  UMS Dorong Mahasiswa Ikuti Program IISMA, Akselerasi Menuju World Class University

“Tadi saya hitung dalam pameran ada 50 Foto Jokowi dan saya tanya petugas yang dilapangan PWI akan gelar ketoprak kolaborasi wartawan. Saya senang bisa berkunjung bersama teman-teman dapat pengalaman baru bagaimana wartawan mengabadikan jejak presiden,” ucap Gibran.

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

Instagram : instagram.com/muriamuid

Facebook : facebook.com/muriamuid

Twitter: Twitter.com/muriamuid

Tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Kontributor : Jatmiko

Editor : V

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *