EdukasiIslamKabar JatengKares BanyumasNews

37 Santri Pesantren Modern Darul Ulum Cilacap menjadi Mubaligh Hijrah Pekan Ramadhan di Kabupaten Cilacap dan Banyumas

37 Santri Pesantren Modern Darul Ulum Cilacap menjadi Mubaligh Hijrah Pekan Ramadhan di Kabupaten Cilacap dan Banyumas

Muriamu.id, Cilacap — Mudir Pondok Pesantren Modern MBS Darul Ulum Majenang, Cilacap melepas 37 santri yang akan menjadi duta dai Ramadan di Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas, Selasa (28/03/2023).

Wadir Ma’had mengatakan bahwa Program Duta Dai Ramadhan adalah salah satu program tahunan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Modern (Muhammadiyah Boarding School) Darul Ulum Majenang Cilacap. Program ini merupakan wujud pengabdian santri kepada masyarakat dan persyarikatan, ungkap Ustadz Jasmadi, S.Pd.I.

Ia menegaskan “Pada tahun 1444 H/2023 M, MBS Darul Ulum Majenang Cilacap mendelegasikan sebanyak 37 santri putra dan santri putri. Mereka akan berdakwah selama bulan Ramadhan sejak tanggal 28 Maret-11 April 2023 di Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas. Di Kabupaten Cilacap, para santri akan membantu pergerakan dakwah di PCM Majenang, PCM Cipari, PCM Caruy, PCM Sidareja, PCM Cimanggu, PCM Kedungreja, PCM Gandrungmangu, dan PCM Kroya. Sedangkan di Kabupaten Banyumas, mereka akan berdakwah di PCM Lumbir. Salah satu tugasnya adalah membantu pembinaan nilai-nilai regiusitas seperti TPQ, Diniyah dan Majelis Ta’lim juga bersih lingkungan seperti bersih-bersih masjid, gotong royong warga serta membantu membangkitkan ibadah warga terutama dalam menjalan ibadah Ramadhan dengan menggerakan kemakmuran masjid, sholat berjama’ah baik sholat wajib maupun sholat tarawih dan witir”, imbuh Mahasiswa Magister PAI Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Baca juga :  Wujudkan Pelajar Berkeadaban IPM Demak adakan Taruna Melati 2

Sementara itu, Kiai Aly Syahbana, SE, MM berpesan kepada para santri yang akan menjadi duta dai atau Mubaligh Hijrah Ramadhan
“Kalian adalah santri pilihan yang telah dipilih melalui seleksi yang begitu ketat untuk menjalanan tugas mulia ini. Ada 5 tugas penting yang harus kalian ingat, pertama jagalah nama baik Pesantren dengan selalu mengedepankan sopan santun dalam berucap dan bertingkah laku. Kedua, jadikan tempat tugas mulia kalian sebagai wadah menempa diri dan melatih kedewasaan dalam mengasah pikir, mengolah rasa, menyambung silaturrahmi dan melatih kesabaran dengan ketekunan, dan kehati-hatian. Ketiga, tugas mulia ini adalah kawah yang akan menggodok kedewasaan kalian dalam berpikir dan bertindak, maka gunakan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin. Keempat, terus berbuat baik dengan menampilkan wajah dan sikap santri yang peka terhadap dunia sekitarnya. Kelima, jangan mudah putus asa, tapi teruskan tunjukan contoh-contoh yang baik dalam berucap, dan bertindak sebagai perlambang santri teladan pembawa risalah Islam yang mulia”, ungkap Mudir MBS Darul Ulum Majenang Cilacap.

Baca juga :  Hadapi Pemilu 2024, Prof Haedar Sampaikan Empat Pesan untuk Warga Muhammadiyah

Pelepasan 37 santri MBS Darul Ulum Majenang yang menjadi duta dai dalam Program Pekan Dakwah yang akan bertindak sebagai mubaligh hijrah selama 15 hari, mulai 28 Maret-11 April 2023 tersebut dilakukan oleh Mudir, Kiai Aly Syahbana, SE, MM di halaman pesantren. Hadir dalam acara pelepasan tersebut, Wadir Kema’hadan sekaligus Kepala MA (Ustadz Jasmadi, S.Pd.I), Wadir Tarbiyah (Ustadz Haryono, M.Pd), Kepala MTs (Ustadz Drs.Bambang Yuntono) dan seluruh dewan asatidz serta ratusan santri MBS Darul Ulum Majenang, Cilacap, terang Ustadz Haryono, M.Pd selaku Wadir Tarbiyah.

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

Instagram : instagram.com/muriamuid

Facebook : facebook.com/muriamuid

Twitter: Twitter.com/muriamuid

Tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Kontributor : Tarqum Aziz

Editor : V

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *